Sharing para blogger & solderis,,,,,,tolong masukannya ya!!!
maklum masih bayi.

Kamis, 17 Maret 2011

Converter DC to AC

Skema Mengubah DC 12volts ke 220AC
dengan IC555
 Converter dengan IC CD4047 dan TR 2n3055
Converter dengan IC CD4047 dan TR  FET

Converter dengan Transistor
 
SKEMA CONVERTER SEDERHANA 12 VDC KE 300 VDC .yang sebenarnya terdiri dari inverter 12 vdc ke 220 vac yang disearahkan dengan mengunkan diode dan semua transistor memerlukan heatzink atau aluminium pendingin.transistor TIP 36 dapat diganti dengan tip 42.trafo yang digunakan adalah trafo inti besi dan bukan ferit karena inverter ini berkerja pada frekwensi rendah 50 hingga 60 Hz 

SKEMA INVERTER SEDERHANA 12 VDC KE 220 VAC dan semua transistor memerlukan heatzink atau aluminium pendingin.transistor 2n3055 dapat diganti dengan tip 41.trafo yang digunakan adalah trafo inti besi dan bukan ferit karena inverter ini berkerja pada frekwensi rendah 50 hingga 60 Hz

Inverter Paling Sederhana 
 C1, C2 68uf/25v
R1,R2 10 Ohm, 5Watt
R3,R4 180 Ohm, 1watt
D1,D2 5 A atau lebih
Q1,Q2 2N3055
T1 Transformator 11V,CT


3 komentar:

  1. Terima kasih informasi dan skemanya mas, ini artikel yang lama saya cari-cari.

    Joko
    www.jabonjawa.org

    BalasHapus
  2. mas saya dapat trafo bekas ups ica.
    tapi inputnya 24vdc...
    rangkaiannya gimana ya mas..??
    kebanyakan gambarnya 12vdc...5oo watt
    saya gak tahu berapa ampere trafonya,,katanya ada tulisan 1000watt
    kotaknya sudah di timbang...hehehe,,,
    tolong buatin rangkaianya ya mas...
    kirim ke wiarno@gmail.com
    terima kasih sebelumnya...

    BalasHapus
  3. Selamat siang,
    Mas saya sudah mencoba utk skema yang paling sederhana yang paling bawah, namun hasil outputnya hanya 29V bukan 220V, apakah pengaruh dari kapasitor yang digunakan karna saya menggunakan yang 100uf 35V, karna yg 68uf 25V tidak ada di tempat saya,, apakah itu ada pengaruh yang besar atau ada kesalahan dari wirring yang saya lakukan.

    Mohon bantuannya,
    Terima kasih

    BalasHapus