Sharing para blogger & solderis,,,,,,tolong masukannya ya!!!
maklum masih bayi.

Sabtu, 19 Maret 2011

Metal Detector or Gold Detector

Proyek ini belum disebut GOLD! detektor sebagai nama ini telah berangkat ke detektor yang lebih kompleks yang telah benar-benar membedakan emas dan logam lainnya. Ada perbedaan besar antara emas mendeteksi dan logam biasa (disebut logam dasar). Terlepas dari kenyataan bahwa emas lebih dari 1000 kali lebih mahal, perbedaan magnetik perusahaan sedemikian rupa sehingga kita dapat menghasilkan detektor logam yang akan membedakan antara logam, baik besi dan non besi, dan EMAS! detektor Emas telah datang jauh dalam 15 tahun terakhir, khususnya selama kenaikan harga emas cepat, sekitar 10 tahun yang lalu. Pada waktu itu, "EMAS!" berada di bibir setiap orang dan harganya melambung, EMAS DEMAM mengambil alih dan fossickers oleh ribuan turun ke pedesaan untuk mencoba keberuntungan mereka.
Di daerah di mana emas itu ditemukan sekitar 100 tahun yang lalu di Australia, negara itu dihiasi dengan prospectors menyisir perbukitan dan dataran banjir dengan detektor emas. Didorong oleh laporan nugget yang cukup besar yang ditemukan, pembeli berbondong-bondong untuk membeli detektor emas. toko Prospekting bermunculan di mana-mana dan ditawarkan detektor tidak jauh lebih kompleks bahwa model dengan amplifier (setara dengan radio AM), untuk $ 299! Anda mungkin tertawa, tapi ketika serangan demam emas, orang melakukan hal-hal paling gila.
Kesempatan mengambil sebuah nugget emas adalah satu juta untuk satu. Hal ini karena tanah di mana mereka ditemukan cukup sering diisi dengan besi dan mineral lain yang akan mempengaruhi pembacaan peralatan deteksi elektronik dan mengurangi kepekaan mereka. Untuk mengatasi ini kita harus menggunakan sirkuit sangat canggih sehingga hanya "tanda tangan" emas terdaftar pada peralatan.
Seperti yang dapat Anda bayangkan, mendeteksi perbedaan antara tarik aluminium-cincin dari nugget kecil adalah tugas yang hampir mustahil sebagai cincin-menarik umumnya lebih dekat ke permukaan dan rawa tanda tangan menit dari setiap gumpalan emas yang mungkin terkubur lebih dalam tanah.
Juga efek latar belakang mineral dalam tanah harus dibatalkan dan ketika Anda melakukan ini, Anda kehilangan beberapa sensitivitas detektor. Jawabannya adalah untuk menyetel peralatan untuk medan anda menutupi sehingga pada kinerja puncak. Ini memerlukan tingkat keterampilan yang adil dan itu sebabnya detektor lebih maju yang tersedia di pasar.
Untuk memulai Anda dalam bidang ini menarik kami telah merancang sebuah detektor yang sangat sederhana. Ini hanya membutuhkan beberapa komponen dan kerja malam itu. Dengan cara ini Anda akan belajar elektronik ketika sedang mampu keluar dan menemukan sesuatu yang berharga. Bukan hanya emas yang bernilai tetapi menemukan berbagai macam item termasuk uang, perhiasan, benda logam dan hal-hal yang telah hilang selama 100 tahun atau lebih.
Salah satu tempat terbaik untuk pencarian pantai. Banyak hal yang hilang di pasir setiap tahun dan itu sangat mudah untuk memindai permukaan dengan detektor dan menggali mereka. Karena proyek ini sangat sederhana, kami tidak menyebutnya sebagai detektor emas karena tidak dapat membedakan antara salah satu logam dasar dan emas. Sebaliknya, kata "detektor emas" hanya dapat diperkenalkan dengan model yang lebih rumit di mana beberapa bentuk diskriminasi tersedia.
Kami telah menyebutnya desain "detektor logam" karena memungkinkan Anda tahu kapan sesuatu yang bersifat besi atau non-ferrous ditempatkan di bidang kumparan.
CARA CIRCUIT KARYA Kami akan memulai diskusi ketika kondisi telah tenang setelah beberapa siklus dan tegangan pada dasar transistor stabil (tetap oleh "memegang" atau "melawan" tindakan kapasitor 10n).
Rangkaian ini adalah sebuah osilator dan cara itu membuat osilasi adalah karena umpan balik positif. Ini adalah kasus dengan semua osilator dan komponen yang memberikan umpan balik adalah kapasitor 1n antara kolektor dan emitor dari transistor. Ini mungkin tampak tidak biasa yang transistor dapat dihidupkan melalui emitor untuk tetap berosilasi, namun ternyata tidak masalah jika emitor atau dasar menerima sinyal sebagai faktor penting adalah PERBEDAAN TEGANGAN antara kedua terminal.
Jika dasar disimpan tetap dan tegangan emitor berkurang, transistor melihat tegangan tinggi antara basis dan emitor dan AKTIF sulit. Jika tegangan pada emitor meningkat, transistor ternyata MATI sebagai perbedaan antara keduanya berkurang. Ini adalah persis apa yang terjadi di sirkuit ini. : 1n kapasitor antara kolektor dan emitor pengaruh tegangan pada emitor transistor untuk menghidupkan dan mematikan. Hal ini dilakukan dengan terus-menerus memantau tegangan pada rangkaian disetel dan melewati perubahan ke emitor.
Dalam proyek ini, SIRKUIT disetel adalah komponen paralel yang terdiri dari induktor (kumparan pencarian) dan: 1n kapasitor di atasnya. Ini disebut sirkuit LC di mana L adalah induktansi dari induktor di Henry (atau mH atau uh) dan C adalah kapasitansi dari kapasitor dalam farad (atau uF atau nF atau pF).
Kita mulai ketika transistor berubah ON dan memungkinkan sebuah pulsa energi untuk memasuki sirkuit disetel (kemudian Anda akan melihat bagaimana transistor menyala).
Denyut nadi energi (saat ini) mulai dengan mencoba memasukkan baik kumparan dan kapasitor. Anda akan berpikir kumparan mempunyai ketahanan terkecil tetapi kapasitor bermuatan dan menyajikan resistensi nol teoritis dan mulai untuk mengisi daya. Ketika tegangan kecil muncul di atasnya, Anda akan berpikir koil akan menjadi perlawanan paling sedikit karena hanya terdiri dari beberapa putaran kawat tembaga.
Tapi kawat dililitkan kumparan dan membentuk induktor (memiliki induktansi). Ketika tegangan diterapkan untuk itu, resistansi rendah induktor memungkinkan arus yang mengalir namun arus ini menghasilkan fluks magnet yang memotong berubah dari koil dan menghasilkan tegangan-belakang yang menentang arus yang masuk. Ia bekerja seperti ini: Misalkan anda pasokan 200mV ke koil. Tegangan kembali itu mungkin menghasilkan setinggi 199mV dan dengan demikian Anda hanya mempunyai 1mV dengan yang untuk mendorong arus ke koil. Jika resistansi koil apakah 100milli-ohm, arus akan menjadi sekitar 10mA. Kapasitor akan menerima lebih dari ini dan sehingga dapat diisi ulang pertama.
Sebagai tegangan pada kapasitor meningkat, itu menyajikan tegangan untuk induktor dan memungkinkan arus mengalir (pada tingkat yang kumparan akan menerima) untuk menghasilkan fluks magnet. fluks ini disebut garis-garis gaya elektromagnetik dan menciptakan lapangan berkembang. Kapasitor tidak dapat menyediakan energi untuk waktu yang lama dan setelah waktu singkat arus mengurangi dan ini menyebabkan medan magnet untuk mulai runtuh.
Medan magnet runtuh menghasilkan tegangan yang berlawanan dengan yang sebenarnya disediakan untuk itu dan bagian bawah kumparan menjadi positif sehubungan dengan puncak. Jika kita berpikir tentang kumparan sebagai baterai kecil kita lihat itu menambah tegangan kepada 9v pasokan dan akhir kolektor dari koil menjadi lebih tinggi dari 9v.
tegangan ini dideteksi oleh umpan balik 1n kapasitor (antara kolektor dan emitor) dan melewati tegangan ke emitor mana meningkatkan tegangan emitor. Basis dari transistor disimpan stabil dan tetap oleh aksi holding dari 10n kapasitor dan transistor mati sedikit. Tindakan ini terus berlanjut dan akhirnya kolektor dapat dianggap dihapus dari rangkaian sehingga menempatkan tidak ada beban di sirkuit disetel. Ketika sebuah induktor tidak dimuat seperti ini, medan magnet runtuh akan menghasilkan tegangan maksimum.
Ini adalah kasus di sirkuit di atas dan sebagai runtuh medan magnet, menghasilkan tegangan (sekitar 25v) yang jauh lebih tinggi dari yang diterapkan untuk itu. tegangan ini dilewatkan ke komponen "C" dari sirkuit tuned (1n kapasitor dihubungkan di coil) dan biaya kapasitor up.
Ketika semua fluks magnet telah dikonversikan menjadi tegangan kapasitor diisi dan ia mulai memberikan tuduhan ini kembali ke koil. Dalam proses ini, tegangan kapasitor berkurang dan tegangan ini dideteksi oleh: 1n kapasitor di terminal kolektor emitor dari transistor. Hasilnya adalah tegangan pada emitor berkurang dan transistor dihidupkan sedikit untuk memberikan sebuah pulsa energi ke sirkuit disetel. Ini adalah ketika lain pulsa energi disuntikkan ke dalam sistem dan mengulangi siklus. Frekuensi dari rangkaian adalah tentang 140kHz dan ditetapkan oleh induktansi dari kumparan dan kapasitor di atasnya. Ketika kita menempatkan sepotong logam di medan magnet kumparan, beberapa garis fluks melewati logam dan dikonversi menjadi arus listrik disebut LANCAR EDDY dalam logam.
Ini berarti kita kehilangan beberapa fluks magnetik dan sehingga ada kurang tersedia untuk kembali ke koil ketika mulai runtuh. Ini berarti tegangan-balik yang dihasilkan oleh koil akan lebih rendah dan sehingga kapasitor akan memakan sedikit waktu untuk mengisi ke nilai maksimum. Dengan demikian transistor akan diaktifkan lebih cepat dan sehingga frekuensi meningkat sirkuit.
Fluks yang dihasilkan oleh kumparan adalah radiasi elektromagnetik identik dengan gelombang radio frekuensi yang sama. Jika kita menempatkan sebuah radio di dekat kumparan dan lagu ke sebuah harmonik, dua frekuensi akan "mengalahkan" bersama-sama dan menghasilkan sebuah "tempat yang tenang" di radio. Ketika sepotong logam memasuki bidang kumparan, perubahan frekuensi sedikit dan nada rendah frekuensi yang dipancarkan dari speaker. Sebuah pergeseran frekuensi sebagai sedikit sebagai beberapa hertz akan jelas didengar dan inilah sebabnya mengapa sirkuit ini sangat efektif. Sensitivitas kumparan tergantung pada pembuatan rangkaian frekuensi perubahan pada penyisipan sedikit dari sebuah benda logam. Hal ini memerlukan operasi transistor pada amplitudo yang tidak overdriving itu, sehingga sedikit injeksi sepotong logam ke lapangan akan mengubah frekuensi.
Penting untuk dicatat bahwa AMPLITUDO dari bentuk gelombang juga berkurang ketika sepotong logam diperkenalkan tetapi radio tidak diatur untuk mendeteksi ini. detektor logam lain mendeteksi penurunan amplitudo dan kemudian Anda akan melihat bagaimana dua sirkuit membandingkan.
 1. Glide "Gunaka mouse" anda kotak di atas dan belajar setiap frame. 2. Tahan mouse pada kotak "deskripsi." 3.Mouseover: untuk animasi.

Ada banyak cara untuk menjelaskan cara kerja sirkuit dan semua itu secara teknis benar. Berikut cara animasi untuk menggambarkan siklus. Transistor hanya diaktifkan ketika tegangan kapasitor adalah negatif pada pelat bawah. Ini terjadi ketika tegangan pada kapasitor akan ditambahkan ke tegangan pasokan dan melewati: 1n kapasitor di transistor untuk mengurangi tegangan pada emitor. Transistor ON berubah dan memberikan energi ledakan pendek ke CIRCUIT disetel. The 4n7 pada emitor biaya sedikit selama aksi ini dan tegangan pada emitor naik untuk mengubah transistor OFF. Muatan pada kapasitor dilewatkan ke kumparan dan menghasilkan memperluas fluks magnet. Kapasitor kehabisan biaya dan gulungan runtuh. Fluks magnet runtuh menghasilkan tegangan pada arah yang berlawanan dan ini akan dilewatkan ke kapasitor. Selama ini bagian dari siklus tegangan pada kapasitor tidak dalam polaritas yang benar untuk mengaktifkan transistor dan itu tetap OFF. Ini adalah bagian dari siklus ketika beban sangat sedikit yang ditempatkan pada sirkuit disetel dan tegangan yang dihasilkan oleh koil dapat lebih tinggi dari tegangan yang diterapkan. Kapasitor kemudian memberikan biaya kepada kumparan dan mengulangi siklus.
KONSTRUKSI Semua bagian sesuai pada papan PC kecil dengan dua kabel dari kumparan dan dua dari baterai. 
PARTS LIST
1  -  220R (red-red-brown-gold)
1  -  47k (yellow-purple-orange-gold)
2  - 1n greencaps (102)
1  -  4n7 greencap (472)
1  -  10n greencap (103)
1  -  47u electrolytic
1  -  BC 547 transistor
1  - slide switch
1  -  9v battery snap
1  -  9v battery
6.5m winding wire (gauge not critical)

METAL DETECTOR-1 PC board
Kumparan pencarian dilakukan dengan menggulungnya 16 berbalik 12cm diameter objek lingkaran. Ini bisa menjadi botol jus atau bahkan objek persegi kumparan dapat dibuat melingkar setelahnya. Penggunaan 4 buah selotip atau tape listrik di sekitar berubah untuk menjaga mereka di tempat dan lem gulungan untuk papan dasar dengan silikon sealant.

Basis-board memiliki gagang kayu screwed untuk itu pada sudut 60 °. Anda juga akan memerlukan radio transistor kecil yang ditempelkan di dekat pangkalan menangani sehingga dapat mengambil lapangan dari kumparan dan mendeteksi ketika frekuensi perubahan osilator. Diagram di bawah menunjukkan layout terbaik.
 TRY IT OUT
Hubungkan baterai dan menghidupkan radio transistor di. Tune di dial dan Anda mendapatkan sejumlah titik di mana radio akan menghasilkan peluit sebagai akibat dari pemukulan osilator lokal dengan output dari kumparan detektor.
 Kami mendapat hasil yang terbaik di sekitar 1400kHz dan ini adalah di mana nada dapat disesuaikan dengan frekuensi yang sangat rendah. Ketika detektor itu menyapu koin 20 ¢ sekitar 10cm, perubahan nada dengan mudah bisa dideteksi. Frekuensi osilator dari detektor logam akan berubah sedikit ketika tegangan baterai jatuh dan sebagai suhu meningkat sirkuit di hari yang panas. Ini dapat dikompensasi dengan menyesuaikan frekuensi radio sehingga nada akan dijaga serendah mungkin. Anda sekarang siap untuk pergi keluar dan mencoba keberuntungan Anda.
JIKA TIDAK BEKERJA Jika Anda tidak mendapatkan menjerit dari radio Anda setelah tuning seluruh band, kesalahan akan terletak pada osilator. Hal ini bisa disebabkan transistor tidak memiliki keuntungan yang cukup untuk menghasilkan osilasi atau beberapa bagian tidak disolder dengan benar. Coba switching sirkuit dan menonaktifkan dengan cepat untuk memicu ke dalam tindakan. Jika ini tidak berhasil, periksa kabel dan pastikan tidak ada celana pendek antara trek.
Jika Anda telah mengambil terlalu lama untuk solder transistor atau menggunakan besi yang sangat panas, mungkin panas dan keuntungan perusahaan akan berkurang. Hal ini akan mencegah osilator memulai. Ganti transistor dan mengambil lebih peduli dengan penyolderan.
Kabel berliku untuk kumparan pencarian terisolasi dengan email untuk mencegah korslet berbalik melawan satu sama lain. Tetapi jika anda kerusakan ini lapisan oleh gesekan atau uji puntir kawat yang Anda bisa mendapatkan dua putaran di mana tembaga yang menyentuh satu sama lain. Ini akan membuat giliran korsleting dan mencegah kerja osilator. Anda harus mencegah semua bagian yang rusak menyentuh satu sama lain.
Jangan angin kawat tembaga kaleng sekitar kumparan untuk memegang berubah di tempat karena hal ini akan membuat korsleting-turn dan mencegah sirkuit dari osilasi. Yang terbaik untuk tidak memiliki barang-barang logam apapun di dekat kumparan karena mereka akan mengurangi efektivitasnya. Ini termasuk paku dan sekrup di papan-basa. benda logam yang jauh dari pusat lapangan yang ok karena mereka tidak akan berpengaruh.

23 komentar:

  1. malam gan,bisa ga sensornya supaya lebih peka dengan jarak 40cm,klo bsa apanya yg d rubah?.makasih gan

    BalasHapus
    Balasan
    1. klik bfo metal detector yang menggunakan transistor N3906 bagus hasilnya

      Hapus
  2. saya minta di buatin yang sudah jd,,,kira2 hargax brapa tlong mas

    BalasHapus
  3. klik bfo metal detector yang menggunakan transistor N3906 bagus hasilnya

    BalasHapus
  4. KIRA2habis berapa biaya pembuatannya

    BalasHapus
  5. Aku pernah mencoba tapi hasilnya kurang peka.kl pingin peka lilitan\ coil harus di lilit teratur dan buat terlebih dahulu dudukan untuk coil dan di lilit lansung tanpa terputus.hasilnya akan lebih peka dan lebih dalam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Minta no wa or wa ke sy bos 081328235240

      Hapus
  6. Aku pernah mencoba tapi hasilnya kurang peka.kl pingin peka lilitan\ coil harus di lilit teratur dan buat terlebih dahulu dudukan untuk coil dan di lilit lansung tanpa terputus.hasilnya akan lebih peka dan lebih dalam

    BalasHapus
  7. Cara buatnya gman gan?? Gagal paham ane

    BalasHapus
  8. Kalo bisa kirim tutorial bserta step2 nya dong gan kirim ke didit.wahyudi344@ gmail.com.

    BalasHapus
  9. Saya kurang paham gan....bisa minta tutorial terlengkap dan agar lebih peka terhadap emasnya gan..bisa dikirim ke sunardilubis84@gmail.com

    BalasHapus
  10. saya mau cari board detector, belinya d mana ya?..
    085247290844. jakfar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya ada pcb detector sistém pulse induksi atau vlf, bisa diskriminasi yaitu hanya emas saja yang kedetec atau All metal wa 085852869635

      Hapus
    2. Saya ada pcb detector sistém pulse induksi atau vlf, bisa diskriminasi yaitu hanya emas saja yang kedetec atau All metal wa 085852869635

      Hapus
    3. Mas, WA nya koq tidak bisa ? tolong WA saya 08998 650 650

      Hapus
  11. Saya memiliki alat detactor MD 3010ii tadinya buat ponakan,karna dia keburu kerja,maka
    Mau saya jual,karna saya g sepat cari emas,saya beli seharga 7,jutaan.
    Yang minat contact ke 087771357474.
    By.Mahmudin banten

    BalasHapus
  12. peka itu berkaitan apa ya .samada berkait dgn elektronik atau lingkaran coil yg makin menebal
    . jika tebal .bnrkah bisa kesan logam sedalam 20@40 cm

    BalasHapus
  13. Tembaga ukuran berapa mas bro

    BalasHapus
  14. Ada yg jual search coil ukuran 10 inchi g y?

    BalasHapus
  15. Yg menentukan peka atau gidak nya,coil apa radionya yah gan,sy belom paham

    BalasHapus
  16. Hai Mas, itu coilnya ukuran nya berapa? Untuk membuat gulungan nya.

    BalasHapus